Cara Memilih Pasangan Hidup Yang Baik Dan Benar

Cara Memilih Pasangan Hidup Yang Baik Dan Benar

0
84
Cara memilih Pasangan Hidup yang baik dan benar
Cara memilih Pasangan Hidup yang baik dan benar

Dalam memilih pasangan hidup jangan sembarangan. Memang untuk memilih pasangan hidup yang sesuai dengan kriteria itu tidaklah mudah dibayangkan. Banyak yang harus dipertimbangkan dan diperhintungkan untuk menjadi pasangan hidup kita kelak. Biasanya orang mempertimbangankan pasangan hidup dilihat dari bobot, bibit dan bebetnya. 

Kita sepakat bahwa mati, jodoh dan rezeki adalah sebuah misteri. Karena itu kita tidak tahu siapa yang akan menjadi jodoh atau pendamping hidup kita kelak. Allah maha tahu segalanya dan tahu siapa yang baik untuk kita nantinya. Namun kita juga harus terus berikhtiar dan berdoa agar bisa mendapatkan jodoh yang terbaik.  

Jika rezeki bisa datang tak terduga, maka pasangan hidup (jodoh) pun bisa datang tiba-tiba. Jodohpun bisa datang dari mana saja, baik dari tempat yang dekat atau dari tempat yang jauh sekalipun. Ketika jodoh sudah ditentukan oleh Allah, maka tidak ada yang bisa menghalanginya selain Allah SWT.  

Bacanarasi.com merangkum, bahwa Agama Islam telah mengatur seluruh aspek kehidupan termasuk urusan pasangan hidup (jodoh). Menurut sabda Rasulallah SAW, bahwa ada 4 kriteria ketika seseorang ingin mencari pasangan hidup.  Berikut ini 4 kriteria tersebut :

  1. Kecantikan Dan Ketampananya 

Istilah pandangan pertama, jatuh cinta berawal dari mata turun ke hati itu semua benar adanya. Tidak bisa dipungkiri bahwa faktor fisik juga menjadi kriteria seseorang untuk memilih pasangan hidup. Hal ini diperbolehkan oleh Islam karena menjadi salah satu faktor penunjang hidup keluarga. 

Dalam Ta’aruf Islam menganjurkan keduanya untuk saling melihat satu sama lain ketika hendak dihitbah. Sehingga baik laki-laki maupun perempuan dapat mempertimbangkan pasangan yang kendak menjadi pendamping hidupnya kelak. 

Memilih pasangan berdasarkan fisik memang tidak akan berlangsung lama, karena semuanya akan berubah sesuai  dengan usia yang semakin menua. Maka dari itu kriteria ini jangan di jadikan syarat utama untuk memilih pasangan hidup kita.  

Kecantikan dan ketampanan adalah anugerah dari Allah SWT.  

“Sebaik-baiknya istri adalah yang menyenangkan hati jika engkau melihatnya, taat jika engkau menyuruhnya, serta menjaga dirinya dan hartamu disaat engkau pergi“. ( H.R Ath thabrani). 

  1. Nasab Atau Keturunanya 

Cara untuk mencari pasangan hidup selanjutnya adalah dengan mengetahui nasab atau silsilah keturunanya. Hal ini  penting karena berisi gen keturunan yang  akan terus diwariskan keturunan kita dari anak sampai anak cucu kita nantinya. Umat muslim dianjurkan untuk mencari keturunan yang baik dan mencari wanita yang subur agar mendapatkan keturunan. 

Kenapa Nasab ini penting ? Karena menurut penelitian Psychology Spot bahwa gen kecerdasan anak berasal dari kromosom ibunya. Penelitian juga mengatakan bahwa kecerdasan IQ anak tergantung dari seberapa besar pula IQ ibunya.  

كان رسول الله يقول: تزوجوا الودود الولود، فإني مكاثر بكم الأمم يوم القيامة 

“Nikahilah wanita penyayang lagi subur, karena aku berbangga dengan jumlah umatku yang banyak di depan umat-umat lainya pada hari kiamat” (H.R Ahmad) 

  1. Karena Hartanya 

Harta benda memang sangat menarik untuk dijadikan alasan seseorang untuk memilih pasangan hidupnya. Dengan harta yang berkecukupan maka akan mudah menjalani kehidupan sehari-hari.  

Harta ataupun uang memang bukanlah segalanya, tapi segala-galanya butuh uang. Setidaknya dengan memilih pasangan hidup yang banyak harta bisa menikmati hidup di dunia.  

Salah satu penyebab perselisihan dan pertengkaran dalam rumah tangga ialah faktor ekonomi. Terdapat 183.085 kasus perselisihan dan pertengkaran pada tahun 2018. Dan faktor ekonomi menduduki peringkat kedua sebanyak 110.909 kasus 

cara memilih pasangan hidup yang baik
  1. Pilihlah Pasangan Karena Agamanya 

Agama seharusnya dijadikan kriteria utama dalam memilih pasangan hidup. Jika tidak bisa mendapatkan 3 kriteria diatas tadi, minimal mendapatkan kriteria yang satu ini. Karena ketika calon pendamping kita baik Agamanya pasti memiliki tingkat ketaqwaan yang tinggi, akhlaq yang baik dan bisa membimbing atau mengingatkan ketika diri kita salah. 

Kenapa Agama menjadi kriteria terahir ?  

Ketika agamanya baik maka tidaklah salah bila dijadikan istri atau pasangan hidup kita. Laki-laki yang baik untuk wanita yang baik dan wanita yang baik untuk laki-laki yang baik pula. Ketika diri merasa buruk, Maka kita harus belajar menjadi lebih baik agar bisa mendapatkan seorang pendamping yang baik. 

Kekayaan, kecantikan dan keturunan bukanlah sebagai jaminan kebahagiaan. Tetapi Agama bisa menjadi pegangan yang kokoh untuk pencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. 

Semoga yang membaca tulisan ini bisa mendapatkan jodoh yang sholeh dan sholehah dan dijadikan keluarga yang sakinah, mawadah dan warahmah. Amiin yaa robbal ‘alamin. .  

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here