Gaya hidup konsumtif di negara kita semakin parah, meskipun mendatangkan banyak keuntungan untuk beberapa pihak tetapi hal ini bisa menambang angka kemiskinan di Indonesia. Mungkin orang yang melakukan gaya hidup konsumtif tidak sadar bahwa mereka lagi merugikan diri sendiri. Berikut ini contoh gaya hidup konsumtif yang perlu kamu hindari dan tidak patut ditiru.

Gaya Hidup Konsumtif Bisa Membuat Miskin 

1. Gonta Ganti Smartphone

Kebiasaan gaya hidup konsumtif yang pertama yaitu sering gonta ganti smartphone. Padahal gadget yang lama masih bisa digunakan dan performanya mendukung untuk dipakai saat ini. Kalau hanya dibuat bergaya saja mending tidak usah ganti smartphone. Bayangi saja harga hp setiap bulannya selalu turun yang tentunya kita rugi sendiri jika menjualnya dengan harga lebih murah. Jika kurang dibutuhkan sebaiknya hindari gaya hidup sering beli smartphone baru.

2. Mengikuti Trend 

Pada era media social kita sering melihat postingan seseorang yang menampilkan gaya hidup mewah entah itu pakaian, aksesoris dan barang bermerek lainnya. Harganya tentu mahal contohnya sepatu yang sering dipakai selebritis dengan harga jutaan. Kalau mereka memakai itu memang kebutuhan karena tuntutan kerjaan. Namun bagi kamu yang sebenarnya barang seperti itu tidak terlalu penting sebaiknya hindari sebelum menyesal di kemudian hari.

3. Hoby Belanja Barang Tidak Penting 

Suka belanja barang tidak penting merupakan gaya hidup konsumtif yang dapat menyebabkan kamu miskin. Kadang kita tertarik untuk membeli barang terutama ketika lagi ada di tempat belanja, padahal barang tersebut belum tentu terpakai. Hindari gaya belanja seperti ini, apalagi jaman sekarang sudah banyak online shop yang memudahkan konsumen untuk belanja.

4. Nuruti Hobi Yang Tidak Menguntungkan 

Hobi memang menyenangkan tetapi jika hanya merugikan buat keuangan kamu mending berhenti atau mengurangi sekarang juga. Beberapa hobi yang membutuhkan dana cukup besar yaitu otomotif, traveling, musik dan koleksi. Jika tidak menguntungkan lebih baik tinggalkan tetapi apabila hobi kamu bisa dijadikan sebagai lahan bisnis baru malah harus dilanjutkan.

Gaya hidup konsumtif sangat membahayakan bagi kesejahteraan kamu di masa depan. Jika hanya sesekali boleh lah untuk membeli barang yang kamu inginkan. Tetapi perlu kamu ingat jangan sampai berlebihan dan menguras terlalu banyak tabungan. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here